Friday, August 3, 2012

London 2012 Shot Put: Olimpiade Tolak Peluru di Google



Olimpiade London 2012 cabang tolak peluru atau shot put menjadi tema logo Google hari ini Tanggal 3 Agustus 2012. Tolak perluru merupakan salah satu cabang olimpiade di kelas atletik.
Dasar Shot Put
Dalam tolak peluru, atlet harus mengusahakan tembakan sejauh mungkin. Peluru berupa bola padat dengan berat 7.26kg untuk pria. Atlet mengambil posisi dalam lingkaran melempar, kemudan melakukan tembakan di satu tangan mendekati atau menyentuh leher mereka. Tembakan harus dimulai dari posisi ini.
Jarak tembakan diukur dari bagian depan lingkaran ke titik jatuhnya tembakan ketika menyentuh tanah pertama kali

Dalam setiap lomba tolak peluru, atlet mulai dengan babak kualifikasi dan melempar sesuai giliran. Masing-masing mendapat tiga jatah lemparan untuk mencapai jarak tertentu yang telah ditentukan oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF).
Setelah semua lemparan selesai, atlet dengan lemparan mencapai jarak tertentu maju ke final. Jika kurang dari 12 atlet mencapai standar tertentu, 12 atlet terbaik yang akan lolos.
Di final, atlet diberikan tiga kesempatan melempar, delapan terbaik akan melanjutkan tiga lemparan lebih lanjut. Atlet yang melakukan lemparan terpanjang adalah pemenangnya.

Kunci keberhasilan
Kejuaraan tolak peluru ini bukan hanya adu kekuatan fisik, tetapi juga adu teknik. Setiap lemparan memiliki beberapa tahap, seperti gerakan awal (tahanan), menjelang tolakan (belokan), serta aksi pelemparan itu sendiri.

Pelanggaran
Lemparan bisa dinyatakan tidak sah apabila atlet melangkah keluar dari bagian depan batas lingkaran tolakan.

No comments:

Post a Comment